Rabu, 17 Oktober 2012

Glikosida dan Klasifikasinya




GLIKOSIDA

                        

Oleh :
Nama       : Abulkhair Abdullah
NIM        : 70100111001
Kelas       : Farmasi A1


Jurusan Farmasi
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar


SAMATA-GOWA
2012

1.    Apa itu glikosida?
Senyawa organik dalam tumbuhan yang jika dihidrolisis akan menghasilkan           1 macam gula atau lebih (Glikon) dan senyawa non gula (Aglikon/Genin) dengan ikatan tertentu. Aglikon dari glikosida terdiri dari banyak jenis senyawa kimiawi.

2.    Tuliskan klasifikasi dari glikosida serta contoh tanamannya!
a.       Glikosida Kardioaktif
Glikosida kardioaktif adalah glikosida yang aglikonnya berupa steroid. Penggunaan glikosida kargiak dalam terapi yaitu dapat meningkatkan kekuatan kontraksi sistolik. Glikosida kardioaktif biasanya digunakan pada pasien gagal jantung kongestif. Glikosida kardioaktif bekerja dengan cara menghambat Na+, K+-ATPase.
Tanaman :
-     digitalis purpurea
-     strophantus kombe
-     urginea maritime

b.      Glikosida Antrakinon
Merupakan glikosida dengan aglikon berhubungan dengan anthracene yang terdapat sebagai senyawa obat pada Cascara sagrada, Frangula, Aloe, Rhubarb, Senna, Chrysarobin, dan Cochineal.  Hasil hidrolisis meghasilkan aglikon di-, tri-, atau tetrahydroyanthraquinones untuk membentuk frangula-emodin (1,6,8,-trihydroxy-3-hydroxymethylanthraquinone) dan rhein ( 1,8-dihydroxy-3-hydroxymetil-anthraquinon-3-carboxylic acid).
Tanaman :
-     aloe vera
-     rheum officinale
-     cassia acutifolia



c.       Glikosida Saponin
Glikosida ini tersebar secara luas pada tanaman. Saponin berbentuk koloid sabun yang berasa pahit, berasa tajam, dan obat yang dapat mengiritasi membrane. Saponin dapat menyebabkan hemolis, dan ini sangat toksis pada hewan berdarah dingin. Setelah dihidrolisis senyawa ini akan menghasilkan aglikon sapogenin. Biosisntesis saponin terbagi ke dalam dua bagian yang berbeda pada aglikonnya (sapogenin).
Tanaman :
-     dioscorea hispida
-     glycyrrhiza glabra
-     polygala senega

d.      Glikosida Sianofor
Glikosida sianogen adalah glikosida yang pada ketika dihidrolisis akan terurai menjadi bagian-bagiannya dan menghasilkan asam sianida (HCN). Sianopor glikosida yang paling umum adalah turunan mandelonitril. Kelompok ini direpresentasikan dari Amygdalin, dan ada juga dari prunasin. Ketika amygdalin dihidrolisis akan membentuk dua gula.
Tanaman :
-     prunus amygdalus

e.       Glikosida Tiosianat
Merupakan senyawa glikosida yang mempunyai aglikon berupa senyawa isotiosianat.  Aglikonnya dapat berupa turunan alifatik maupun aromatik.  Yang paling penting disisni adalah mustard  yang mengasilkan glikosida sinigrin, dan sinalbin dari mustard putih.  Mustard hitam, sinapsis nigra, atau brown mustard adalah biji yang dikeringkan dari tanaman Brassica nigra atau Brassica juncea (family Cruciferae). Mustard hitam adlah iritan local dan emetic. Kemudian ada juga mustard putih atau Sinapsis Alba yang terdapat pada biji Brassica alba (Famili Cruciferae). Mustard putih mengandung enzim myrosin dan sinalbin glukosida setelah dihidrolisisis.
Tanaman :
-     brassica nigra
-     brassica alba

f.       Glikosida Flavonoid
Merupakan glikosida yang aglikonnya merupakan senyawa flavonoid. Sejumlah flavonoid yang paling baik seperti rutin, queircitrin, dan sitrus bioflavonoid.
Tanaman :
-     citrus limon

g.       Glikosida Alkohol
Glikosida alkohol ditunjukkan oleh aglikonnya yang selalu memiliki gugus hidroksi.
Tanaman :
-     salix sp

h.       Glikosida Lakton
Lakton merupakan ester yang siklik. Glikosida lakton mengandung suatu lakton yang mengikat glikon.
Tanaman :
-     dipteryx oppositifolia
-     artemisia cina
-     viburnum pronifolium

i.        Glikosida Aldehid
Glikosida aldehid merupakan glikosida yang jika dihidrolisis menghasilkan aglikon glikosida. Salinigrin terdapat pada tanaman Salix discolor, yang mengandung glukosa dan berkombinasi dengan m-hidroksibenzaldehid. Salinigrin berisomer dengan helisin.

Tanaman :
-     vanilla planifolia

j.       Glikosida Fenol
Merupakan glikosida yang mempunyai aglikon snyawa Fenol. Senyawa tersebut adalahArbutin yang terdapat pada tanaman Arctostaphylos uva-ursy (Famili Ericaceae). Selain itu juga ada Hesperidin Phlorizidin, baptisisin dari baptisia dan iridin dari Iris spesies. Senyawa ini bersifat diuretic dan adstringen.
Tanaman :
-     arctostaphylos uva ursi

k.       Glikosida-glikosida lain
Tanaman :
-     gentianae lutea
-     veratrum viride

Tidak ada komentar: